“Para Pencari Tuhan”, Adakah DVD-nya?

Selama Ramadhan lalu, saya sedikit punya harapan lagi kepada tontonan televisi. Sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) kembali tayang lewat sekuel keduanya, Para Pencari Tuhan Jilid 2. Sudah begitu banyak ulasan di berbagai media massa tentang sinetron garapan aktor-sutradara-produser Deddy Mizwar ini. Begitu juga posting di blog-blog yang memberi salut pada sinetron produksi PT Demi Gisela Citra Sinema ini yang tak lain adalah rumah produksi milik Deddy Mizwar (ia mendedikasikan nama istrinya, Gisela, untuk menamai perusahaan tsb).

Tak perlu banyak ulasan lagi, karena satu bukti kuat akan kualitas dan dampaknya sudah ditunjukkan PPT lewat kotak ajaib di stasiun SCTV saban dinihari selama bulan puasa lalu, pukul 03.00-04.30 (terkadang hingga pukul 05.00 karena saking banyaknya iklan dan kuis sisipannya). Cukup dengan menyaksikannya, semua penonton dapat merasakan seberapa dalam kualitas tontonan tsb. Kita dapat hanyut dalam ceritanya, tokoh-tokohnya, berikut karakter-karakternya, tanpa harus menanggalkan akal sehat dan rasa manusiawi kita.

Begitulah sejatinya sebuah tontonan hadir di tengah-tengah pemirsanya. Nyatanya, televisi kita juga bisa berbuat sedikit “cerdas”. Modalnya sebenarnya cuma satu: kemauan. Ya, kemauan untuk memproduksi tontonan yang cerdas (hal ini sudah dibuktikan Deddy Mizwar bersama timnya) dan kemauan untuk menyediakan ruang untuk menayangkan tontonan cerdas tersebut. Ternyata hal itu tidak sulit, dan mungkin untuk dilakukan. Juga tidak selalu merugi! Bahkan, untung besar untuk semua pihak: rumah produksi laku sinetronnya, stasiun televisi laku iklannya dan naik citra stasiunnya, serta pemirsa yang terpuaskan secara utuh jiwa-raga tanpa kehilangan akal sehat dan otoritasnya. 

Sayangnya, saya selalu kecewa dalam dua tahun penayangan PPT. Saya tidak pernah menyaksikan episode terakhir dalam setiap season (PPT 1 & 2) karena sudah disibukkan urusan mudik dan berlebaran. 😉 Alangkah menarik bila PPT juga tersedia dalam format DVD yang bisa dibeli secara luas. Selain untuk memuaskan orang-orang yang terlewat episode terakhir seperti saya, DVD juga bisa menjadi dokumentasi penting akan suatu tontonan yang berkualitas. Sekaligus bisa untuk bahan kajian bersama dan inspirasi bagi rumah produksi-rumah produksi lainnya. PT Demi Gisela, sudah ada DVD-nya belum ya? Adakah yang tahu di  mana saya bisa mendapatkannya?

 

Note: 

sumber gambar 1: http://modelayu.com/sinetron-para-pencari-tuhan.html

sumber gambar2: http://www.wikimu.com/news/DisplayNews.aspx?id=3886

http://id.wikipedia.org/wiki/Para_Pencari_Tuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s